Senin, 18 Januari 2016

Cara Memadupadankan Busana

Bagian 1 dari 2: Memilih Busana Anda

  1. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 1
    1
    Rapikan lemari pakaian Anda. Sering kali saat kita tidak tahu harus mengenakan apa atau bagaimana memadupadankan busana, berarti sudah saatnya untuk merapikan lemari pakaian kita. Dengan merapikan lemari, Anda akan lebih mudah untuk mencari busana yang ingin Anda kenakan dan mengingatkan Anda pakaian apa saja yang Anda miliki.
    • Singkirkan apa pun yang nyaris tidak pernah Anda kenakan. Tidak ada gunanya mengenakan sesuatu yang hanya dikenakan sekali atau dua kali. Beri ruang kepada busana yang akan Anda kenakan.
    • Saat merapikan lemari, pastikan Anda memiliki akses yang mudah ke koleksi pakaian Anda. Cara mudah untuk merapikannya adalah dengan menyusun sesuai kategori seperti seluruh kaus pada satu tempat, seluruh baju hangat di satu tempat, seluruh gaun di satu tempat, dan seterusnya. Dengan demikian Anda pun akan lebih mudah untuk menemukan busana yang Anda cari.
    Iklan
  2. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 2
    2
    Pastikan Anda memiliki atasan yang penting. Anda memerlukan beberapa potong atasan tertentu yang bisa menjadi pondasi dari koleksi pakaian Anda. Atasan-atasan ini harus terlihat fleksibel dan tidak mengikuti tren tertentu. Sebaiknya atasan ini berwarna netral seperti hitam, biru dongker, putih, putih gading sehingga Anda dapat memadupadankannya dengan mudah.[1]
    • Atasan kasual: atasan-atasan seperti kaus lengan pendek atau tidak berlengan, kamisol serta tank top (yang sangat bagus untuk dikenakan di bawah baju hangat).
    • Beberapa blus yang rapi. Blus ini bisa dikenakan di bawah blazer, kardigan dengan kancing. Blus seperti ini bisa membuat penampilan Anda berkelas. Kenakan blus seperti ini dengan celana jins, rok dengan sepatu bot, dengan perhiasan.
    • Mungkin Anda bisa memadukan baju hangat, kardigan berkancing, pullover atau baju hangat tanpa kancing atau ritsleting dengan atasan dan blus kasual. Jenis busana seperti ini bagus jika ingin mengenakan baju beberapa lapis, terlebih jika Anda tinggal di negara yang iklimnya bervariasi dari panas ke dingin dalam satu hari.
    • Sebaiknya Anda memiliki jaket kulit polos, pea coat atau mantel wol berwarna netral, trench coat atau mantel hujan yang ringan berwarna netral, dan sebuah blazer. Dalam cuaca yang tidak begitu dingin seperti musim semi, blazer bisa dikenakan dengan sendirinya atau bisa dikenakan dengan pea coat.
  3. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 3
    3
    Pastikan Anda memiliki bawahan yang wajib dimiliki. Bawahan ini adalah celana jins, celana panjang dan rok. Lagi-lagi sebaiknya Anda memilih warna dan gaya yang netral yang tidak mengikuti tren tertentu.
    • Celana panjang: pilih beberapa celana jins (satu celana dengan potongan basic yang bisa dikenakan untuk penampilan sederhana maupun wah, dan satu celana kasual yang bisa dikenakan untuk mengerjakan tugas di rumah atau bersantai), beberapa celana panjang yang lebih resmi. Jika Anda tinggal di tempat yang cukup dingin, pilih celana dengan bahan tweed yang tebal untuk opsi celana panjang yang rapi.
    • Rok: sebaiknya Anda memiliki sebuah rok yang rapi dan sebuah rok yang kasual. Untuk koleksi rok yang rapi, Anda bisa memilih rok potongan pensil yang cantik atau rok yang lebih pas badan. Sementara untuk rok yang kasual, coba pilih rok selutut yang bahannya ringan dan melayang yang cocok untuk dikenakan di musim semi.
    • Gaun: sebaiknya Anda memiliki gaun basic dengan warna netral. Alasan kenapa little black dress atau gaun pendek hitam merupakan baju yang wajib adalah karena gaun tersebut menjadi dasar yang bagus untuk penampilan apa pun. Anda bisa mengenakannya untuk penampilan yang simpel atau penampilan yang spektakuler dan warna hitam tentu saja bisa dipadankan dengan apa pun. Jika Anda tidak suka warna hitam, cari gaun berpotongan simpel dengan warna biru dongker, putih, atau putih gading.
  4. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 4
    4
    Kumpulkan aksesori. Aksesori bisa menambahkan gaya tersendiri ke penampilan Anda tanpa harus membuat Anda kewalahan. Anda bisa memilih ikat pinggang, perhiasan, tas, syal dan hosiery berwarna netral atau berwarna mencolok. Coba padukan syal berwarna mencolok dengan kaus hitam dan celana jins ketat untuk mendapatkan penampilan yang mudah tetapi seru.
    • Tas: jika Anda memiliki kecenderungan kepada palet warna tertentu (misalnya jika Anda cenderung mengenakan warna hijau, biru dan abu-abu), pilihlah tas dengan warna yang cocok dengan palet warna tersebut (seperti kuning moster atau emas) sehingga penampilan Anda lebih menggigit. Pastikan tas Anda juga tidak hanya sekadar pemanis saja, dengan kata lain, berfungsi. Sebaiknya Anda memiliki satu tas utama yang Anda kenakan sehari-hari (pilih warna yang netral sehingga bisa masuk ke segala macam busana) dan beberapa tas yang Anda gunakan untuk acara-acara yang lebih spesifik seperti menghadiri konser atau menikmati makanan di restoran yang mewah.
    • Perhiasan: pilihan perhiasan tergantung kepada selera pribadi. Anda harus mencari tahu apa yang Anda sukai dan membangun koleksi perhiasan Anda dari selera Anda tersebut. Mungkin Anda menyukai perhiasan geometris yang berukuran besar atau mutiara. Perhiasan bisa digunakan untuk menambah gereget pada penampilan Anda atau mungkin bisa menjadi pusat dari penampilan Anda tersebut, tergantung dari gaya Anda pribadi.
    • Ikat pinggang: ikat pinggang basic terbaik adalah ikat pinggang lebar dan skinny. Jika Anda membeli ikat pinggang warna netral atau dalam warna yang serasi dengan warna koleksi pakaian Anda, ikat pinggang ini bisa menjadi tambahan yang bagus untuk koleksi Anda. Ikat pinggang yang lebar terlihat manis pada semua orang selama Anda membelinya dalam ukuran yang pas. Jika penampilan Anda terlihat sedikit membosankan, coba kenakan ikat pinggang skinny untuk menambah semarak.
    • Syal: benda ini fungsional (bisa menghangatkan Anda) sekaligus membuat penampilan semakin keren. Anda bisa memilih syal dengan warna netral, tetapi coba pertimbangkan untuk membeli syal bercorak atau syal berwarna terang sesuai dengan selera Anda.
    • Hosiery: ini termasuk stocking, legging, dan kaus kaki. Pilih stocking dengan warna hitam yang tembus pandang atau netral untuk dikenakan di bawah rok dan gaun. Pilih legging dengan warna netral dan kaus kaki yang cocok dengan sepatu Anda (mengenakan kaus kaki putih dengan sepatu tanpa hak berwarna hitam, misalnya, bisa terlihat sedikit aneh). Selain itu Anda bisa mengenakan hosiery yang lebih semarak seperti stocking berwarna perak yang berkilauan atau legging dengan corak galaksi. Anda bisa mengenakannya dengan gaun hitam pendek, kardigan yang manis dan anting-anting yang semarak.
  5. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 5
    5
    Beli sepatu yang bisa dipadankan dengan apa saja. Sepatu sangat menentukan dalam menciptakan penampilan yang nyaman dan seru. Anda membutuhkan beberapa pasang sepatu dalam model basic dalam koleksi Anda. Sepatu dengan model tertentu cocok dengan gaya berpakaian tertentu. Yang patut diingat adalah sepatu dengan warna terang (terlebih warna putih) mudah sekali untuk kotor, jadi pastikan Anda mempertimbangkan masalah ini sebelum memilih warna sepatu yang akan dibeli!
    • Sepatu datar cocok sekali dengan celana jins, rok, dan gaun. Sepatu jenis ini bisa terlihat rapi atau santai, tergantung dari acaranya. Sebaiknya Anda memiliki setidaknya satu pasang sepatu datar berwarna netral (sekali lagi, warna netral itu bagus!) dan beberapa pasang sepatu datar yang warnanya lebih menarik, seperti sepatu datar dari kulit berwarna merah, atau berwarna perak mengilap.
    • Sepatu bot, terlebih di tempat yang dingin, sangatlah penting. Anda bisa memilih sepatu bot warna hitam atau abu-abu dengan gaya kasual, atau sepatu bot yang lebih gaya dengan hak yang bisa Anda padankan dengan celana jins atau gaun. Sepatu bot semata kaki sangat cocok dengan celana jins model skinny atau rok.
    • Sepatu kets santai untuk dipadankan dengan celana jins kasual yang Anda punya. Anda bisa mengenakan sepatu ini saat sedang jalan-jalan dengan rok atau mengenakannya saat sedang jalan-jalan dalam jarak yang cukup jauh. Sepatu ini nyaman dan bahkan Anda bisa melakukan pekerjaan rumah atau berkebun saat sedang mengenakannya (agar sepatu lain Anda yang bagus tidak kotor).
  6. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 6
    6
    Cari benda yang Anda "banget." Benda-benda ini mencerminkan kepribadian Anda. Ia dapat berupa perhiasan, hosiery, sepatu, syal, atau semuanya. Benda-benda ini dapat membuat penampilan yang netral menjadi semarak dan lebih seru dan menojolkan kepribadian.
    • Misalnya sebuah gaun dengan corak bunga yang cerah yang bisa dipadukan dengan legging berwarna hitam, sepatu bot hitam setinggi lutut, kardigan hijau (agar serasi dengan warna batang bunga di gaun) serta syal abu-abu. Atau Anda bisa mencoba tampil berani dan mengenakan gaun tersebut dengan sepatu hak model pump berwarna merah.
    • Contoh yang lain adalah blus berwarna ungu yang dipadukan dengan celana jins, untuk menciptakan penampilan yang sederhana, atau dengan rok model pensil berwarna hitam serta sepasang sepatu bot abu-abu.
    Iklan

Bagian 2 dari 2: Memadukan Busana

  1. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 7
    1
    Buat penampilan dari sepotong pakaian atau aksesori. Cara yang jitu untuk menciptakan penampilan dengan mudah adalah dengan memilih satu pakaian atau aksesori dan menciptakan penampilan darinya. Biasanya pakaian atau aksesori tersebut adalah pakaian yang mencolok, tetapi itu bukanlah keharusan.[2]
    • Contohnya: Jika Anda ingin menonjolkan kalung besar yang cantik, kenakan kaus yang polos dan netral dengan potongan leher sedemikan rupa sehingga kalung tersebut bisa terlihat. Kemudian padukan dengan celana jins dan sepasang sepatu datar. Dengan demikian, kalung tersebut menjadi hal yang paling menarik dari penampilan Anda.
    • Anda juga bisa membuat penampilan menggunakan sebuah warna spesifik. Contohnya, dalam satu minggu Anda bisa mengenakan sesuatu berwarna merah dan membuat penampilan berdasarkan warna tersebut dan minggu berikutnya Anda bisa mengenakan warna hijau. Misalnya, padukan rok berwarna merah dengan blus hitam, stocking berwarna biru dongker, sepatu bot hitam dan perhiasan berwarna biru.
  2. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 8
    2
    Cari 'seragam' Anda. Artinya, cari dua atau tiga setel pakaian basic yang sering Anda kenakan dan ciptakan berbagai penampilan menggunakan referensi dari penampilan tersebut, tetapi coba bereksperimen sedikit. Penampilan yang digunakan sebagai referensi ini adalah penampilan yang terasa sangat nyaman bagi Anda.[3]
    • Contohnya, Anda mungkin menyukai paduan celana model skinny (warna hitam atau denim), beberapa kaus yang berbeda (berlengan panjang atau pendek) dengan berbagai model sepatu (contohnya, Anda bisa membuat penampilan semakin keren dengan sepasang sepatu bot semata kaki atau sepatu datar). Jika Anda sering mengenakan celana jins, Anda bisa menambah gereget dengan menggulung ujung celana tersebut (variasi yang keren untuk di musim semi atau panas).
    • Anda bisa memadukan celana jins dengan baju hangat atau rok dengan baju hangat. Dengan demikian, Anda akan memiliki penampilan yang berbeda. Warna dan jenis baju hangat bisa bervariasi juga, dan Anda bisa membuatnya berbeda dengan perhiasan, syal dan sepatu yang berbeda. Tetapi penampilan dasarnya tetap jins dengan baju hangat atau rok dengan baju hangat.
  3. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 9
    3
    Lakukan padu padan. Memadupadankan baju merupakan dasar untuk memiliki penampilan yang berbeda setiap harinya. Dengan demikian, Anda tidak perlu mengandalkan penampilan kaus dan jins yang sama seperti yang biasa Anda lakukan (walaupun sebenarnya tidak apa-apa, jika memang itu penampilan favorit Anda).[4]
    • Menggunakan blazer hitam sebagai contoh: Anda bisa memadukan blazer dengan celana jins, kaus putih, blus berwarna cerah dan sepatu datar. Anda bisa memadukan blazer dengan rok musim semi berwarna pucat, sepatu bot semata kaki dan perhiasan berukuran besar. Atau Anda bisa mengenakan blazer tersebut di atas gaun musim panas panjang yang berwarna dan mengenakan sandal.
    • Hanya dengan 8 pakaian yang berbeda, Anda bisa menciptakan berbagai macam penampilan. Misalnya Anda memiliki kaus dengan warna solid atau bergambar, celana jins, rok, gaun, kardigan, blus, dan rompi. Anda bisa mengenakan kaus dengan celana jins, rompi, dan sandal. Anda bisa mengenakan gaun dengan kardigan, ikat pinggang model skinny, atau alternatif lain, Anda bisa mengenakan gaun tersebut dipadukan dengan rompi dan sepasang sepatu bot. Coba ciptakan beberapa penampilan berbeda dengan memadukan rok yang Anda miliki dengan seluruh atasan yang Anda miliki, lalu kenakan rompi atau kardigan di atasnya. Kemudian Anda bisa memadukannya dengan perhiasan, syal, dan sepatu.
  4. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 10
    4
    Coba pertimbangkan musim yang sedang berlangsung. Anda bisa mengubah gaya Anda saat musim berubah (jika Anda tinggal di daerah di mana musimnya berganti). Kenakan syal yang hangat, baju hangat atau jaket hangat saat musim gugur dan musim dingin.
    • Sepatu bot cocok untuk musim yang sejuk sementara sepatu datar dan sandal bisa menemani Anda di musim yang lebih hangat.
    • Warna juga bisa berubah tergantung dari musim. Saat cuaca lebih hangat, Anda bisa mengenakan warna yang lebih pucat supaya bisa lebih sejuk dan Anda juga bisa mengenakan corak bunga. Di musim dingin, akan menyenangkan untuk mengenakan warna yang lebih cerah, terlebih jika Anda tinggal di tempat yang gelap atau sering hujan. Jadi keluarkan syal emas terang atau gaun merah Anda untuk menambah semarak ke hari yang suram.
  5. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 11
    5
    Buat basis data penampilan. Saat Anda sedang mencoba-coba baju untuk mencari penampilan berbeda dan mencari penampilan yang benar-benar sesuai dengan kepribadian Anda, coba untuk mengambil foto atau menuliskan deskripsi dari masing-masing penampilan. Dengan demikian Anda bisa mengingat apa yang cocok untuk Anda dan apa yang tidak untuk referesi di masa depan.
    • Hal ini juga bisa membantu Anda untuk memutuskan baju apa yang dikenakan jika tidak merasa yakin. Coba Anda lihat foto-foto penampilan yang lama dan pilih penampilan Anda yang paling disukai. Anda akan merasa percaya diri karena Anda tahu bahwa penampilan tersebut terlihat bagus dan Anda pun tahu paduan busana seperti apa yang sebaiknya Anda kenakan.
  6. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 12
    6
    Cari ide untuk berbagai penampilan. Coba cari di mana saja untuk mendapatkan ide penampilan. Anda bisa melihat manekin di etalase, katalog, majalah mode, atau melihat penampilan orang saat Anda sedang jalan-jalan. Niscaya Anda akan mendapatkan ide yang bisa Anda coba.
    • Anda tidak harus membeli segala macam benda berdasarkan penampilan yang Anda lihat di majalah atau di jalan. Coba Anda periksa lemari pakaian Anda dan lihat pakaian apa yang sudah Anda miliki untuk menciptakan ulang penampilan yang Anda inginkan. Dengan demikian, Anda tidak meniru penampilan itu secara keseluruhan, tetapi juga menambahkan sentuhan gaya tersendiri ke dalamnya.
  7. Gambar berjudul Put Together Outfits Step 13
    7
    Coba untuk bereksperimen. Ini adalah hal paling penting dalam memadukan busana. Anda harus mencoba berbagai gaya dan busana berbeda sebelum menemukan yang benar-benar Anda sukai.
    • Jika Anda ingin mengenakan ulang paduan busana tertentu, pastikan Anda menyukainya dan merasa nyaman dan percaya diri saat mengenakannya. Rasa nyaman dan kepercayaan diri adalah kunci untuk terlihat menarik.

0 komentar:

Posting Komentar